Thursday, August 7, 2008

perbandingan (bagian 1)

antara membesarkan kembar dan tidak kembar. ini atas permintaan Angie

1. popok dan diaper

Saat Ibit lahir, aku bertekad untuk memakai diaper sesedikit mungkin. Pakenya popok.
Ibit punya 3 lusin popok. Aku harus ganti pooknya tiap kali di pipis atau pup, bahkan di malam hari. Kalo malem aku musti bangun beberapa kali untuk gantiin popok dan neteki. Diapre cuma dipake kalo pergi-pergi yang agak lama.
Popok cuma dipake sekitar dua bulan, setelah itu ganti dengan celana.
Di umur 10 bulan, aku mulai membiasakan 'tatur'. Ibit aku bawa ke kamar mandi untuk pipis secara terjadwal, bahkan malam hari. Aku akan sentuh pantatnya dengan tangan basahku yang dingin, lalu, ssssss.... Jadi di umur 2 tahun, dia hampir tak pernah pake popok lagi.

Ar Ir beda. Aku sudah siapin 7 lusin popok, tapi akhirnya cuma kepake setengahnya.
Minggu pertama, aku melakukan sama dengan untuk Ibit. Tapi itu membunuhku... Aku ga bisa tidur sama sekali. Mereka terus aja bangun, gantian hampir setiap 15 menit. Ar pipis, lulu Ir. Lalu ar minta mimik, lalu Ir. Gitu terus. AKu hampir tidak tidur sama sekali sekitar dua minggu. Waks!
Aku menyerah. Akhirnya kuputuskan untuk memakaikan diaper kalo tiba waktu aku mau tidur. Sekitar jam 22.00 gitu. Nanti jam 01.00 aku bangun untuk ngganti diapernya. Lalu jam 05.00 saatnya aku bener-bener bangun, mulai pake popok lagi sepanjang hari terang. Luamyan membantu.
Sisanya, sama dengan perlakuan untuk Ibit.

2. ASI

Ibit dapet full dua tahun. Setelah sapih langsung minum susu pake gelas. Ga ada botol.

Ar Ir? Minumnya banyak banget... aku ga sanggup memenuhi. Lagian, kadang mereka nangis bareng minta mimik. Aku ga bisa dong, neteki dua sekaligus. Ada sih, bukuk yang ngajarin netekin kembar sekaligus. Cara pertama, minta tolong orang untuk pegangin bayi yang satunya. Cara kedua, bayinya dua2nya ditaruh di meja, lalu dipasin supaya bisa mimik. Tapi aku ga sampi hati. Rasanya aku jadi kaya kucing dan anak-anaknya... Jadi aku minta bantuan botol..

Tiap malam sebelum tidur, Dan akan siapi 8 botol yang sudah terisi air, dan susu yang sudah ditakar. Jadi kalo bayinya nangis tinggal campur, kocok, dan glek.. glek.. glek..
Ar Ir stop nge ASI umur 11 bulan :(

3. Nggendhong

Aku nggendhong Ibit ke mana-mana pake gendongan bayi. Juga waktu nyuapin. Habis dia kecil dan enteng banget.

Ar Ir? Jarang nggendhong. Aku taruh mereka dikeretta bayi. Cuma waktu mereka mulai jalan, aku kadang emang terpaksa harus gendong dua sekaligus. Berat bo!

4. Partisipasi Dan

Ngurusin Ibit, Dan hampir tidak cawe-cawe sama sekali. Ga pernah dia ikut bangun malam hari, tapi aku ga masalah.
Kalo Ar-Ir, beda. Seperti sudah aku bilang, aku hampir tidak tidur sama sekali minggu pertama mereka di rumah, setelah 5 hari di ICU. Dan juga kayanya ga tega lihat aku ngurus bayi kembar sendirian, tambah Ibit yang masih 2,5 tahun waktu i tu. Jadi dengan sadar Dan membantu, seperti nyiapin botol sebelum tidur itu misalnya. Aku berterima kasih banget soal ini...

5. eMbak.
Waktu jaman Ibit, aku ngga merasa perlu bantuan. Tapi katika Ar Ir lahir, terpaksa aku pake. AKu merasa cukup berat ngurus satu balita, rumah, dan sepasang kembar.


ok, itu dulu untuk bagian 1. Aku akan pikirkan untuk bagian selanjutnya. Sabar, dan jangan bosen ya..

No comments: