Friday, March 29, 2013

Otot

Kemampuan bicara memang sangat dipengaruhi kekuatan otot mulut ya. Itu mungkin kenapa bayi diciptakan harus menyusu sesaat setelah lahir. Menyusu dari tetek ibunya, bukan dari dot karet atau silikon.

Sejak awal Dek Ai' memang tidak sabaran kalau menetek. ASI memang tidak langsung keluar sekali hisap. Harus beberapa kali hisap dulu. Nah ini yang dia tidak sabar menunggu. Menghisap beberapa kali, ASI belum keluar, dia ngamuk. Lalu nangis sejadinya. Kalau sudah begitu, susah didiamkan. Dan ndak jadi nyusu.

Iya, kalau pakai botol, susu langsung keluar di hisapan pertama. Dek Ai' bukan ndak mau ASI. Dia ndak mau netek. Sampai usia Dek Ai' tujuh bulan, aku masih berusaha meres siang malam. Lalu diminumkan pakai botol. Tapi lama-lama capek rasanya. Aku mulai males. Perlahan sufor berkuasa.

***

Dulu, Ibit sudah bisa minum pakai sedotan di usia tujuh bulan. Aku masih rajin-rajinnya ngurus bayi yang cuma satu. Ndak ada kerjaan lain. Aku buatkan alat khusus untuk melatih Ibit minum dengan sedotan. Ar dan Ir bisa dengan sendirinya, di usia 14 - 15 bulan.

Aku tidak meluangkan waktu khusus untuk mengajari Dek Ai' minum dengan sedotan, dengan harapan dia akan bisa sendiri; seperti mas-masnya. Ternyata sampai usia hampir tiga tahun dia belum bisa. Juga baru saja bisa menumpahkan air kumur dari mulutnya. Jadi sampai beberapa waktu lalu dia belum pakai pasta gigi, dan masih kumur dengan air matang, langsung ditelan.

Baru minggu lalu dia bisa nglepeh air kumur. Tapi aku belum berani kasih pasta gigi. Biar dulu.

Minggu lalu aku membuat alat seperti yang dulu kupakai mengajari Ibit minum pakai sedotan. Dari botol air mineral. Tutupnya dilubangi pas sebesar diameter sedotan. Ketika sedotan di mulut, botol sedikit ditekan untuk membantu daya kapiler air agar naik. It works. Setelah beberapa hari latihan, Dek Ai' mulai bisa menyedot, meskipun masih perlu dibantu dengan tekanan, sedikit-sedikit.

Iya, aku tahu. Botol kemasan air mineral tidak baik dipakai ulang. Jadi aku sedia beberapa buah botol, untuk ganti.

Mudah-mudahan dengan bisa minum pakai sedotan, otot mulut Dek Ai' bisa lebih kuat. Dan dia bisa lebih cepat bicara.

4 comments:

Vicky Laurentina said...

*membayangkan Mbak Latree melobangi tutup botol Aqua, gimana caranya sih, Mbak?*

Oh ya, Mbak, kalau Ai sekarang belum pakai odol, lantas bagaimana Mbak Latree menjaga kebersihan mulutnya?

Latree said...

lobanginnya pakai ujung cutter.

sampai saat ini Ai sikat gigi ga pake odol. nanti kalo kumurnya (minimal lepehnya) udah agak manteb deh, dikenalin ke odol.

Seiri Hanako said...

ngurus bayi itu susah juga yaaaa

Miss Rochma said...

mbak latree orang yang kuat :)